Nama Pengarang: Gabriel Garcia Marquez
Penerbit: Pusaka Sastra LKiS Yogyakarta
Tebal Buku: 164 halaman
Cerpen yang diresensikan, halaman 75-83
Cetakan: ke-IV, Juli 2009
Penerjemah: Anton Kurnia
Latar Belakang Pengarang
Gabriel Garcia Marquez dilahirkan di Aracataca, Kolombia, 1928. Ia adalah peraih Hadiah Nobel Sastra 1982. Anak seorang operator telegraf itu penah belajar ilmu hokum di Universitas Nasiaonal Kolombia, namun tak selesai. Lalu ia bekerja sebagai wartawan dan kontributor untuk sejumlah kantor berita di beberapa negara Amerika Latin, Eropa dan New York. Di kemudian hari ia menjadi redaktor harian berpengaruh yang terbit di Bogota, El Espectador. Marquez dikenal dunia sebagai pengibar realisme magis dalam novel-novelnya, Al Coronet No Tiene Quien Ie Escriba – Tak Seorang Pun Menulis pada Seorang Kolonel (1961). Los Funerales General en Su Labrinto – Sang Jendral pada Labirinnya (1989). Ia juga menerbitkan sejumlah buku nonfiksi.
Sinopsis Cerpen
Florentino Ariza sebagai tokoh utama dalam cerpen ini menggambarkan seorang lelaki dewasa yang selalu melamunkan dan membayangkan pujaan hatinya. Fermina Daza, perempuan khayalannya itu tak banyak diceritakan dalam cerpen ini. Namun pengarang lebih menekankan inti cerita pada arti cinta dan kesunyian. Dalam perjalan Florentino Ariza, ia mendapatkan kejadian yang sangat tak terduga. Suatu cinta ia dapat dengan sekejap dengan seorang wanita yang tak ia kenal sedikit pun dan hilang begitu saja dalam kesunyian. Dengan bagaimana Florentino Ariza mendapatkan cinta sesaatnya itu? Coba luangkan ssdikit waktu untuk membaca cerpen peraih Nobel Sastra ini, mungkin akan menambah inspirasi karya sastra kita.
Analisis Unsur Instrinsik
Tema: Cinta dan Kesunyian
Setting: perjalanan di sungai dengan menggunakan kapal
Alur: maju dan mundur
Tokoh: Florenzino Ariza, Kapten Kapal, Duta Besar Inggris dan Wanita misterius
Perwatakan: Florenzio Ariza orang yang tenang dan tidak gegabah.
Kapten Kapal orang yang tegas dan melaksanakan tugasnya.
Duta Besar Inggris orang yang kurang arif dan semaunya.
Wanita misrerius orang yang misteri dan tak pernah memikir panjang.
Sudut Pandang: pengarang sebagai orang ketiga yang banyak tahu.
Amanat: “cinta dengan nafsu sesaat hanya membuat kenikmatan sesaat dan mengakibatkan keterburukan sendiri”
Analisis Unsur Ekstinsik
Nilai Moral : Cinta itu bukan nafsu sesaat kenikmatan dunia, hal seperti ini hanya membuat seseorang terjun dalam keterpurukannya, penyesalan dan kehilangan harga dirinya.
Nilai Sosial : Jabatan setinggi apapun sepatutnya tetap menghargai sesama dan makhluk hidup lainnya. Serta, alangkah baiknya seseorang berinteraksi telah saling mengenali satu-sama lain.
Nilai Budaya : Kebiasaa masa orang Eropa dengan sistem kenegaraannya. Dalam cerpen ini sangat menggambarkan suasana zaman peperangan di negara itu dan adat tunduk serta hormat pada seorang Duta Besar.
Keunggulan Cerpen
Dalam cerpen ini, pengarang menitikberatkan gambaran dan bahasa sastra lama, kebahasaan yang sangat dijiwai pengarang membuat para pembaca kagum. Dan membuat para pembaca lebih terinpirasi. Terutama pada diakhir-akhir alinea, mulai terlihat ciri pengarangyang menggambarkan cerita dapat berakhir dengan hal apapun, tak harus sedih atau pun senang.
Kelemahan Cerpen
Cerita ini memang menggambarkan abad dua puluhan yang kemungkinan besar banyak pembaca sulit membayangkan masa itu. Dan mungkin tak sedikit pembaca akan berhenti di lembar kedua, karena di masa kini sulit untuk memahami bacaan yang tinggi kebahasaannya.
Kesimpulan
Sebagai peresensi berdasarkan dari keunggulan dan kelemahan cerpen ini menilai bahwa cerpen ini baik untuk dipublikasikan karena akan menambah imajinasi pembaca dan mencoba untuk memotifasi menjadi penulis.
RESENSI CERPEN
1). Indentitas Cerpen
a. Judul Cerpen : Setangkai Bunga Bermahkota Biru
b. Nama Pengarang : Umar Said
c. Tempat Terbit : Yogyakarta
d. Tanggal Terbit : 5 April 2009
e. Jumlah Halaman : 3 Halaman
f. Jumlah kata-kata : 1253 kata
2). Sinopsis Cerpen
Puspita,
seorang gadis yang banyak tahu akan tentang makna bunga mulai dari
jenis bunga, makna tiap bunga yang ia kenal, warna bunga, dan semua
bagian-bagian bunga ia dapat mengartikan setiap bagian dari bunga yang
dikenalnya. Suatu hari ada seorang pria dengan sangat memprihatinkannya
duduk disebuah taman bersama seorang adiknya yang bermain di taman
ditaman tersebut. Puspita yang heran lantas menghampiri seorang pria
yang tengah termenung juga. Kebetulan juga pria tersebut menyukai bunga
walaupun ia sempat berkata “Aku juga tidak tahu kapan aku mulai menyukai
bunga” pria itu berkata kepada Puspita tentang satu bunga yang pernah
pria itu milikki, tanpa enggan Puspita menikmati cerita pria tersebut.
Sekuntum bunga bukan anggrek dan bukan juga mawar. Puspita yang
mendengarnya langsung seloroh saja bercerita tentang bunga anggrek
sepengetahuannya; “Aku mengenal anggrek. Tahukah kau, anggrek adalah
simbol cinta, kemewahan, dan keindahan.” Si pria hanya menjawab “aku
tahu.” “Bangsa yunani menggunakan anggrek sebagai simbol kejantanan. Dan
bangsa tiongkok percaya aroma anggrek berasal dari tubuh kaisar mereka.
Jika anggrek muncul di mimpi seseorang, hal itu dipercaya sebagai
simbol dari kebutuhan akan kelembutan, romantisme, dan kesetiaan. Bahkan
anggrek jadi bahan baku utama dari ramuan cinta. Begitu dahsyat bukan?”
Gadis itu panjang lebar menceritakan kembali tentang bunga anggrek.
Lama-kelamaan si pria justru ingin mendengar tentang bunga mawar dan
dengan senang hati Puspita bercerita; “Dari budaya barat, kita mengenal
mawar sebagai cinta dan kecantikan,” imbuh si gadis. Bahkan di Inggris
mawar dijadikan bunga nasional. Di Kanada, bunga mawar liar merupakan
bunga provinsi Alberta. Di Amerika Serikat, bunga mawar merupakan bunga
negara bagian Iowa, North Dakota, Georgia, dan New York. “Mawar
merupakan lambang dunia!,” teriak gadis itu lantang bersemangat. Puspita
melanjutkan; “Biasanya untuk menyatakan seberapa besar cinta. Satu
tangkai berarti cintaku hanya untukmu seorang. Dua tangkai, kau dan aku
saling mencintai. Tiga tangkai, aku cinta kamu. “Semakin banyak, semakin
kuat maknanya.” 100 tangkai, jadilah pasangan yang mengasihi sampai
lanjut usia. 144 tangkai, mencintaimu pagi hingga malam selama-lamanya.
365 tangkai, memikirkanmu setiap hari, mencintaimu setiap hari. Hingga
1001 tangkai yang melambangkan cinta selamanya.” Si pria hanya berkata
“banyak sekali, aku hanya memiliki setangkai.” Dan pria itu menekankan
bila pria itu memiliki satu tangkai bunga namun memiliki banyak makna
akan bunganya itu, lebih dari seribu tangkai, dan mengartikannya sebagai
Cinta Sepenuhnya ujar pria itu, seketika membuat Puspita diam. Kemudian
si Gadis bertanya kepada si pria tentang apa warna bunga pria yang
dimiliki pria itu, sempat tidak ada jawaban dari mulut si pria. Puspita
berkata;”Aku paham tentang warna-warna bunga.” namun akhirnya si pria
berkata “bungaku berwarna biru.” Namun Puspita tidak percaya dengan
diperkuat dengan pengetahuaannya tentang warna bunga; “Di mawar saja,
merah lambang cinta romantis. Putih, kesucian dan rahasia. Merah jambu,
keanggunan dan kelembutan. Kuning, persahabatan dan kegembiraan. Jingga,
hasrat dan semangat, cinta yang mulai tumbuh. Tak ada warna biru,”
jelas gadis itu. namun pria itu bersikeras bila bunganya berwarna biru;
“Tapi aku ingat, bunga itu bermahkota biru.”
“Apakah kau merasa kehilangan? Seperti aku kehilangan makna warna biru.”
“Bisa jadi.”
“Jadi warna itu tinggal kenangan? Mengapa kau tak memanamnya lagi?”
“Tidak.”
“Mengapa?”
“Karena aku takkan menanam bunga yang telah layu.”
Si
gadis menatap heran. Ia tak mengerti. Seharusnya bukankah pria itu bisa
menanamnya lagi. Lelaki itu hanya menatap taman yang penuh dengan bunga
putih. Namun setelah berpikir beberapa saat, si gadis baru mengerti.
Tiba-tiba langit mendung. Suasana sedikit temaram. Romantis. Titik-titik
gerimis menyirami. Sejuk rasanya. Tercium aroma wangi tanah.
“Dan sekarang inginkah kau memiliki bunga lagi?”
“Tentu saja.”
“Benarkah?”
“Benar. Kenapa tidak.”
“Jika ada bunga berwarna biru, benar mau?”
“Yakin. Mau.”
“Kau tahu namaku Puspita?”
“Iya. Aku tahu.”
“Tahukah kau maknanya?”
“Tidak. Memangnya?”
“Puspita itu bunga. Sekarang jadikan aku bungamu.”
Seketika si lelaki mengalihkan pandang dari taman. Bola matanya haru menatap tajam ke gadis bergaun biru itu.
3). Analisis Unsur Instrinsik
a. Tema : Bunga yang Melambangkan Cinta
b. Setting : Suatu sore yang mendung di suatu taman dengan penuh bunga putih
c. Alur : Campuran
d. Tokoh : Si Pria kaku dan Puspita, gadis banyak tahu tentang makna bunga
e. Perwatakan : Si Pria ( kaku dan banyak diam ), Puspita ( cerdas dan sangat ingin tahu )
f. Sudut Pandang : Pengarang sebagai orang ketiga yang banyak tahu
g. Amanat : “Segala sesuatu yang telah tercipta dalam kehidupan ini tidak dilahirkan begitu saja
tanpa makna dan sebuah arti. Contoh ringanya setangkai bunga yang tiap-tiap bentuk,
jumlah tangkai, warna mahkota, dan harumnya. Seperti yang Puspita ceritakan. Jadi,
semua yang ada pada kehidupan kita ini memiliki artinya sendiri sama seperti manusia
yang memiliki arti hidupnya masing-masing dengan bunganya masing-masing.”
tanpa makna dan sebuah arti. Contoh ringanya setangkai bunga yang tiap-tiap bentuk,
jumlah tangkai, warna mahkota, dan harumnya. Seperti yang Puspita ceritakan. Jadi,
semua yang ada pada kehidupan kita ini memiliki artinya sendiri sama seperti manusia
yang memiliki arti hidupnya masing-masing dengan bunganya masing-masing.”
4). Analisis Unsur Ekstrinsik
a. Nilai moral : cinta selalu membawa keindahan bagi setiap memilikinya beribu-ribu kali indahnya dari
memiliki seribu tangkai bunga mawar.
memiliki seribu tangkai bunga mawar.
b. Nilai sosial : semua hal yang telah tercipta memiliki maknanya sendiri-sendiri, tidak terlahir tanpa
mempunyai maksud dan tujuannya.
mempunyai maksud dan tujuannya.
5). Keunggulan Cerpen
a. Menawarkan banyak pengetahuan didalam isi cerita cerpen ini seperti halnya makna bunga-bunga yang
indah.
indah.
b. Bahasanya yang ringan dan mudah dimengerti.
c. Tokohnya terdiri dari dua tokoh yang membuat cerita menjadi satu-kesatuan cerita yang padu, tanpa
menghadirkan tokoh yang berlebihan didalam cerita.
menghadirkan tokoh yang berlebihan didalam cerita.
d. Ceritanya menganut cerita yang mudah dipahami oleh kalangan remaja saat ini sehingga memungkinkan
menarik minat baca kaum muda.
menarik minat baca kaum muda.
6). Kelemahan Cerpen
a. Cerita yang terlalu panjang dan menggantung.
b. Pembaca harus benar-benar mengerti jalan ceritanya karena pemikiran pengarang yang tinggi sehingga
ceritanya sulit untuk dicerna.
ceritanya sulit untuk dicerna.
7). Kesimpulan
“Berdasarkan dari keungglan dan kelemahan cerpen diatas, sebagai perensensi suatu bacaan menilaicerpen atau bacaan ini layak untuk di publikasikan di masyarakat.”
Resensi Cerpen
Oleh : Andika Wiranata
Judul Cerpen : Guru
Penulis Cerpen : Putu Wijaya
Terbit : Minggu, 8 Mei 2005
Nama
I Gusti Ngurah Putu Wijaya yang bertanggal lahir 11 April 1944 di Puri
Anom, Bali atau lebih dikenal dengan Putu Wijaya adalah seorang
sastrawan serba bias. Ia sudah menulis 30 novel, 40 naskah drama, 1000
cerpen, dan banyak karya sastra yang ia ciptakan. Pendiri Teater Mandiri
ini, cerpennya sering dimuat di Harian Kompas, dan Sinar Harapan, juga
novelnya sering dimuat di Majalah Kartini, Femina, dan Horison. Ia juga
pernah mendapat anugrah piala citra di FFI. Selain membuat buku, alumni
UGM dan mantan redaktur Tempo ini juga menulis scenario film dan
sinetron. Dan berbagai undangan dalam dan luar negeri pernah didapatkan
untuk mengetahui kemampuan sastrawan serba bisa ini.
Dari ribuan, salah satu cerpen buatannya adalah Guru,
ini merupakan cerpen yang bagus dan mendidik karena mengangkat tema
moral yang mengajarkan kita tentang keteguhan hati seseorang yang tak
tergoda oleh apa pun demi mewujudkan impian dan cita-citanya untuk
menjadi seorang guru.
Cerpen
ini menceritakan tentang seorang anak bernama Taksu, dia hidup di kota
metropolitan yang cita-citanya bebeda dengan anak lainnya di perkotaan,
yaitu menjadi seorang guru. Namun keinginannya ini tak berjalan lancar
karena orang tuanya tak setuju, karena orang tuanya beranggapan bahwa
pekerjaan seorang guru tidak mempunyai masa depan yang jelas, hidup
pas-pasan dengan segala kekurangan. Berbulan-bulan orang tuanya member
waktu untuk taksu dapat mengubah pendiriannya, dan mulai dari lap top
tercanggih hingga mobil BMW yang bernilai milyaran tak diharaukan untuk
mengubah pemikirannya untuk menjadi guru.
Berbagai
konflik ditimbulkkan dalam cerpen ini, mulai dari konflik suami yang
takut pada istrinya, konflik hidup mati antara seorang ayah dan anaknya,
juga konflik batin,dan banyak konflik lain yang menegangkan. Suami yang
takut istri dan selalu disalahkan oleh sang istri karena dianggap salah
dalam mendidik anak sehingga sang anak berkeinginan untuk menjadi
seorang guru menjadi hal humoris dalam cerpen ini. Cerpen ini di satu
sisi seperti senjata makan tuan bagi sang Ayah karena jauh sebelum Taksu
berkeinginan menjadi guru, ketika kecil ayahnya bernasehat untuk selalu
menghormati guru dan menempel guru kerna guru lah yang menjadi gudan
dan sumber ilmu, hal ini lah yang menjadi doktrin atau alasan kuat Taksu
untuk menjadi seorang guru.
Cerpen
ini pun ada sedikit bumbu percintaan ketika ayah Taksu memarahi Mina
seorang anak guru yang pas-pasan yang merupakan kekasih dari Taksu yang
dianggap Ayahnya sebagai biang keladi anaknya ingin mejadi guru. Dan
Taksu mengajarkan kita tentang keteguhan hati untuk memperjuangkan hal
yang baik, juga mengajarkan kita bahwa tidak semuanya dapat dinilai dan
dibeli dengan materi, dan yang tak kalah sangant penting adalah
mengajarkan kita tentang betapa mulianya profesi seorang guru, bahkan
dalam dialog cerpen tersebut Taksu berkata “Sebab guru tidak bias
dibunuh. Jasadnya mungkin saja bisa busuk lalu lenyap. Tapi apa yang
diajarkannya tetap tertinggal abadi. Bahkan bertumbuh, berkembang dan
memberi inspirasi kepada generasi di masa yanag akan datang. Guru tidak
bisa mati, Pak" ketika Taksu diancam akan dibunuh oleh Ayahnya sendiri,
satu polemik yang menegangkan.
Namun
beberapa bagian cerpen ini sungguh tidak menghargai bahkan menganggap
profesi guru ini sangat rendah dan menggap materi di atas segalanya. Dan
tentu cerpen ini menceritakan kehidupan keluaraga yang kurang
komunikasi dan kurang harmonis,orang tua berselisih paham dengan anak
dan suami yang begitu lembek dengan istri yang pada akhirnya berontak
juga.
Dan
di akhir cerita cerpen ini, Taksu menjadi orang yang sukses menjadi
pengusaha importir barang-barang mewah dan eksportir kerajinan tangan
dan ikan ke berbagai Negara, dan menjadi guru bagi sekitar 10000 orang
pegawainya dan gelar doktor honoris causa menjadi pelengkapnya, saat 10
tahun kemudian, ia menggantikan peran ayahnya memikul beban keluarga.
Sungguh akhir yang mungkin tak kan dikira oleh orang tua Taksu sendiri
dalam cerpen tersebut.
Secara keseluruhan, cerpen ini mendidik dan banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dari sebuah cerpen Guru ini.
Para pembaca pun seakan ikut terbawa dalam konflik-konflik yang ada
dalam cerpen ini, dan mungkin beberapa akan terharu karena cerpen ini
sungguh dramatical penuh perjuangan unutuk menggapai cita-cita, dan
penuh dengan godaan dalam mempejuangkan sesuatu. Akan tetapi, tentu ada
kekurangan, yaitu pembaca terlalu banyak disuguhi konflik di hampir sebagian cerita pendek ini dan baru mereda ketika di akhir-akhir cerita pendek ini.
Seharusnya,
penulis mensisipkan lebih banyak jeda konflik dengan suatu hal yang
menyegarkan seperi humor, tidak melulu menyajikan pebedaan pendapat yang
menegangkan di sepanjang cerpen ini dan terus mengangkat cerpen-cerpen
bertema yang mendidik seperti ini penuh arti di setiap paragraph cerpen,
dan tentu dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh
berbagai kalangan sehingga pembaca seakan terbawa oleh alur cerita dari
cerpen itu sendiri.
Rangkuman yang menarik tentang karya Gabriel Garcia Marquez.... semoga terus menulis... Saya ingin berbagi wawancara dengan Gabriel Garcia Marquez (imajiner) artikel di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2017/09/wawancara-dengan-gabriel.html
BalasHapusThank telah bantu tugas bahasa indonesia
BalasHapusThnkyou ini sangat membantu
BalasHapus